Senin, 25 Januari 2010

Unduh Lagu KE Ponsel

Musik digital telah menjadi satu aplikasi laris sekaligus konten digital primadona di jaringan seluler. Tidak heran jika operator beserta mitranya di antaranya perusahaan label musik dan penyedia konten meraup untung relatif besar dari bisnis tri-liunan ini.

Dalam perkem-bangannya layanan itu mengalami metamorfosis, tidak lagi sekadar berlangganan nada dering, tetapi juga menjadi layanan download (unduh) dengan model 'beli putus'.

Layanan paling gres digulirkan PT Telkomsel yang baru-baru ini meluncurkan LangitMusik, yaitu layanan toko musik digital bagi pelanggan yang ingin menikmati musik secara utuh (full track).

Pelanggan dapat mengunduh musik digital langsung di ponsel, di mana proses pengunduhan konten dapat dilakukan melalui akses Internet dengan memanfaatkan jaringan 3G/3.5G.

Di LangitMusik, pelanggan dapat memainkan musik full track di ponsel dan komputer, tetapi membutuhkan kunci aktivasi. Kunci atau tiket ini dikirimkan bersamaan dengan SMS berisi link download lagu.

Kunci ini digunakan ketika akan mengaktifkan lagu yang telah di-download di ponsel atau komputer yang pengunduhannya dapat dilakukan melalui alamat WAP (www.langitmu-sik.com/wap), UMB *616#, ataupun melalui SMS ke ADN 6161.

Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan web portal www.langitmusik.com bagi pelanggan yang ingin memperoleh informasi mengenai katalog musik, preview musik, komunitas musik, berita terbaru seputar dunia musik baik artis dan acara musik, lagu top download dan rilis baru, serta mesin pencari untuk mencari lagu yang akan diunduh.

Soal tarif, operator itu mengenakan Rp5.000 setiap lagu download yang dapat dimainkan kapan pun tanpa dibatasi waktu. Adapun, pelanggan yang ingin menikmati lagu secara temporer selama 30 hari hanya akan dikenakan Rp3.000 per lagu.

Menariknya, untuk setiap pengunduhan lagu, pelanggan tidak dikenakan biaya akses Internet alias gratis. Telkomsel juga melayani pembelian lagu melalui layanan mobile wallet T-Cash.

LangitMusik memang tersegmentasi dan meng-arah pada pengguna yang telah memiliki ponsel pendukung.

Untuk hasil terbaik, mengunduh lagu di LangitMusik membutuhkan ponsel berspesifikasi 3G atau 3,5G. Ponsel GSM 2G dengan koneksi GPRS tentu tidak dapat diharapkan maksimal dan berkualitas, koneksi pun akan lambat untuk meng-unduhnya.

Di layanan ini, Telkomsel menggandeng Sony Music Entertainment Indonesia, Warner Musik Indonesia, Aquarius, Musica Studio's, Indosemar Sakti, Trinity, dan Nagaswara.

LangitMusik menyediakan lebih dari 10.000 lagu dalam negeri dari berbagai aliran musik. Nantinya Telkomsel akan melengkapi LangitMusik dengan layanan-layanan lain yang terkait dengan musik, seperti ringtone, truetone, videoklip, tiket konser, merchandise. Layanan itu dapat diperoleh pelanggan dengan melakukan transaksi pembelian menggunakan mobile wallet T-Cash. (roni.yunianto@bisnis.co.id)

dikutip dari bisnis.com

0 komentar:

Posting Komentar

jangan Lupa Commentnya...yua....