Senin, 09 Agustus 2010

RI "Satukan" ASEAN dengan Goyang Poco-poco

Para kepala perwakilan negara-negara ASEAN yang bertugas di Praha, Ceko, rupanya menikmati tarian populer asal Indonesia, Poco-poco, akhir pekan lalu. Mereka saat itu merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) perhimpunan sepuluh negara Asia Tenggara, yang didirikan 43 tahun lalu.

Menurut Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Praha, acara ASEAN Family Day berlangsung di rumah Duta Besar Filipina, Regina Sarmento, Sabtu 7 Agustus 2010. Meski diiringi hujan germis, mereka tetap bergoyang dan acara berlangsung meriah.

Arif Sulaksono, koordinator kegiatan dari KBRI Praha, mengatakan bahwa kegiatan tersebut baru pertama kali dilakukan oleh Prague ASEAN Group. Kelompok itu saat ini terdiri dari lima perwakilan, yaitu Indonesia, Malaysia, Philipina, Vietnam dan Thailand. Mereka memanfaatkan momen ini untuk mengakrabkan semua perwakilan para anggota ASEAN di Praha dan keluarga.

Selama acara berlangsung, ditampilkan berbagai kesenian dari masing-masing negara anggota. Indonesia menampilkan tari Persembahan dari Kepulauan Riau dan Poco-poco dari Sulawesi.

Penampilan Poco-poco memberi kesan tersendiri bagi para kepala perwakilan. Mereka turut menari bahkan meminta diajari sampai bisa. Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, menjelaskan bahwa Poco-poco sangat populer di Indonesia sehingga menjadi salah satu tarian kebanggaan.

Sementara itu Malaysia dan Vietnam menampilkan nyanyian tradisional negara masing-masing, Thailand tampil dengan pameran cara mengukir buah, dan Philipina sebagai tuan rumah menampilkan tari Subli.

Kegiatan juga semakin marak dengan tersedianya aneka makanan khas masing-masing negara. Indonesia menampilkan nasi tumpeng yang dihiasi dengan aneka lauk yang lezat, Malaysia menampilkan Nasi Lemak, Thailand menyuguhkan Bakmi Goreng, Philipina menampilkan Ayam Santan dan Vietnam menyuguhkan springrolls khas negaranya,

Anak anak yang hadir turut merasa gembira karena panitia juga mengadakan aneka lomba untuk mengakrabkan anak-anak dari negara-negara ASEAN di Praha.

Duta Besar Zainal Abidin dari Malaysia yang menjadi Ketua ASEAN Prague Group pada akhir acara menyampaikan ucapan selamat kepada ASEAN atas usianya yang menginjak 43 dan berharap ASEAN Prague Group dapat berkembang dengan berbagai kegiatan lain yang bermanfaat. (umi)

http://fathur-net.blogspot.com/2010/08/ri-satukan-asean-dengan-goyang-poco.html

0 komentar:

Posting Komentar

jangan Lupa Commentnya...yua....